halalmartfathiyah
22.00
Bagi orang yang tidak berhaji dianjurkan untuk
menunaikan puasa Arofah yaitu pada tanggal 9 Dzulhijah. Hal ini
berdasarkan hadits Abu Qotadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda,
صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ
يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ
وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ
السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ “
Puasa Arofah dapat menghapuskan dosa setahun
yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan
menghapuskan dosa setahun yang lalu.” <HR. Muslim>
Hadits ini
menunjukkan bahwa puasa Arofah lebih utama daripada puasa ‘Asyuro. Di
antara alasannya, Puasa Asyuro berasal dari Nabi Musa, sedangkan puasa
Arofah berasal dari Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Keutamaan puasa Arofah adalah akan menghapuskan dosa selama dua tahun
dan dosa yang dimaksudkan di sini adalah dosa-dosa kecil. Atau bisa pula
yang dimaksudkan di sini adalah diringankannya dosa besar atau
ditinggikannya derajat. Sedangkan untuk orang yang berhaji tidak
dianjurkan melaksanakan puasa Arofah.
Dari Ibnu ‘Abbas, beliau berkata,
أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- أَفْطَرَ بِعَرَفَةَ وَأَرْسَلَتْ
إِلَيْهِ أُمُّ الْفَضْلِ بِلَبَنٍ فَشَرِبَ “Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam tidak berpuasa ketika di Arofah. Ketika itu beliau disuguhkan
minuman susu, beliau pun meminumnya.” <HR. Tirmidzi>
Diriwayatkan
dari Ibnu ‘Umar bahwa beliau ditanya mengenai puasa hari Arofah di
Arofah. Beliau mengatakan,
حَجَجْتُ مَعَ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم-
فَلَمْ يَصُمْهُ وَمَعَ أَبِى بَكْرٍ فَلَمْ يَصُمْهُ وَمَعَ عُمَرَ
فَلَمْ يَصُمْهُ وَمَعَ عُثْمَانَ فَلَمْ يَصُمْهُ. وَأَنَا لاَ أَصُومُهُ
وَلاَ آمُرُ بِهِ وَلاَ أَنْهَى عَنْهُ “Aku pernah berhaji bersama Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau tidak menunaikan puasa pada
hari Arofah. Aku pun pernah berhaji bersama Abu Bakr, beliau pun tidak
berpuasa ketika itu. Begitu pula dengan ‘Utsman, beliau tidak berpuasa
ketika itu. Aku pun tidak mengerjakan puasa Arofah ketika itu. Aku pun
tidak memerintahkan orang lain untuk melakukannya. Aku pun tidak
melarang jika ada yang melakukannya.” <HR. Tirmidzi>
Dari sini,
yang lebih utama bagi orang yang sedang berhaji adalah tidak berpuasa
ketika hari Arofah di Arofah dalam rangka meneladani Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam dan para Khulafa’ur Rosyidin (Abu Bakr, ‘Umar dan
‘Utsman), juga agar lebih menguatkan diri dalam berdo’a dan berdzikir
ketika wukuf di Arofah. Inilah pendapat mayoritas ulama. Dari artikel
'Amalan Sholih di Awal Dzulhijah — Muslim.Or.Id'
0 komentar:
Posting Komentar