Responsive Banner design
Home » , , , » Perjalanan Haji dari masa ke masa

Perjalanan Haji dari masa ke masa

Berbeda dengan sekarang, para jamaah Haji di masa lampau untuk pergi ke Tanah Suci mengalami ujian yang sangat berat bahkan tidak sedikit yang meninggal dan tersesat hilang dalam perjalanan menuju ke Tanah Suci. Begitu juga perjalanan kembali ke tanah air setelah menunaikan ibadah Haji, bisa kembali ke tanah air adalah suatu mukjizat. Berikut adalah foto-foto perjalanan ibadah Haji di masa lampau (Tahun 1953):















Setelah melihat foto-foto diatas lalu anda bandingkan dengan perjalan ibadah Haji saat ini jelas sangat jauh berbeda. Perjalanan Ibadah Haji saat ini jauh lebih mudah, cepat dan nyaman. Tapi ironisnya masih banyak umat muslim yang sudah mampu secara materi masih enggan untuk melaksanakan ibadah Haji dengan alasan yang "indah" belum mendapat panggilan dari Allah.

Cobalah ambil hikmahnya setelah anda membaca artikel ini dan melihat foto-foto diatas bukankah secara tidak langsung Allah telah memanggil anda untuk menunaikan ibadah Haji? 

Selama hidup di dunia, Allah melakukan 3 panggilan bagi umat muslim yaitu:
1. Panggilan adzan, Allah memanggil kita untuk melaksanakan ibadah sholat fardu.
2. Panggilan Haji, Allah memanggil kita untuk menjadi tamu Nya di Tanah Suci bagi yang sudah mampu.
3. Panggilan Kematian, Allah memanggil kita jika umur kita sudah habis di dunia ini.
Jangan sampai Panggilan ke 3 tiba tapi kita belum sempat memenuhi panggilan yang ke 2, ayo jangan ragu segeralah melaksanakan ibadah Haji?

Bagi anda yang belum mampu secara materi, jangan berputus asa dan pasrah dengan keadaan. Mulailah diniatkan dengan bulat dalam hati, jangan hanya sepintas saja. lalu mulailah berusaha menabung walaupun hanya kecil jumlahnya. Insya Allah, Allah akan membukakan jalan untuk anda berangkat menunaikan ibadah Haji.

0 komentar:

Posting Komentar

Social Icons

Pages

HUBUNGI SAYA DI FB

Social Icons