Responsive Banner design
Home » , , , , » Gema Shaf Marwa -Tempat Bersejarah di Makkah

Gema Shaf Marwa -Tempat Bersejarah di Makkah


gsm haji umrah - tempat bersejarah
Tempat bersejarah di Makkah
Ada beberapa tempat bersejarah di Makkah yang merupakan tempat kejadian beberapa peristiwa keislaman pada zaman Nabi SAW. Banyak sekali diantara para peziarah yang datang ke Tanah Suci tertarik untuk mengunjunginya.

Namun perlu dipahami, tempat-tempat tersebut tidaklah mempunyai keutamaan seperti Masjidil Haram yang digunakan untuk tawaf atau shalat di dalamnya. Jadi, orang yang mengunjungi tempat-tempat itu untuk sekadar mengenang peristiwa atau mengambil pelajaran darinya.

Hal tersebut tidaklah dilarang jika hanya sebatas untuk bertamasya dan mengenang peristiwa sejarah. Sedangkan orang yang mengunjunginya untuk tujuan beribadah dan melakukan beberapa ritual haji di sana, hal inilah yang dilarang.

Apalagi sampai menganggap bahwa mengunjungi tempat-tempat tersebut adalah suatu keharusan dan bahagian dari manasik haji. Atau sampai berlamassuh dan tabarruk (meminta berkah melalui wasilah tempat tersebut). Hal ini tentu sangat melenceng dari sunah Nabi SAW.

Tindakan lamassuh dan tabarruk selain di Baitullah merupakan bid’ah yang munkar, yang tidak pernah dilakukan oleh siapa pun dari para sahabat maupun tabi’in. Sedangkan berdoa kepada selain Allah, meskipun kepada pemimpin dan pamungkas para rasul, itu merupakan tindakan yang disepakati oleh para ulama sebagai syirik akbar. Kita memohon perlindungan kepada Allah dari melakukan hal-hal tersebut.

Menurut catatan sejarah, tempat-tempat bersejarah yang berada di kota Makkah tersebut di antaranya:

1. Tempat kelahiran Rasulullah. Dari sisi historis, disebutkan Beliau SAW dilahirkan pada Tahun Gajah, yaitu 53 tahun sebelum hijrah. Tempat yang bernama Syi’ib Abi Thalib yang sekarang terkenal dengan Syi’ib Ali adalah tempat yang telah diubah menjadi sebuah perpustakaan.

Pembangunan perpustakaan tersebut dilakukan Pemerintah Arab Saudi yang bertujuan menghindarkan orang-orang yang datang untuk tujuan bertabarruk dan melakukan hal-hal bid’ah di sana.
2. Rumah Siti Khadijah RA yang terletak di kampung Qusyasyiah. Tempat tersebut sekarang di pasar Sugh yang telah diubah menjadi sebuah sekolah putri.

3. Gua Hira. Tempat ini berada di puncak gunung Hira. Di sanalah turun wahyu pertama kepada Nabi Saw.

4. Masjid Jin. yang disebutkan dalam beberapa riwayat bahwa konon bangsa Jin berkumpul di sana dan Nabi SAW menyampaikan risalah dan berdakwah kepada mereka.

5. Masjid Syajarah yang berada di sisi masjid jin, menyertai Masjidil Haram. Para sejarawan Makkah meriwayatkan beberapa hadis yang menyebutkan bahwa Nabi SAW pernah memanggil sebatang pohon, lalu pohon itu mendatangi beliau dengan cara akar-akarnya berjalan di dalam tanah.

Kemudian beliau memintanya untuk bersaksi bahwa belum adalah seorang Nabi, maka dia pun bersaksi. Selanjutnya beliau menyuruhnya untuk kembali ke tempatnya semula, maka dia pun kembali.

6. Gua Tsur. Gua yang sangat masyhur tersebut adalah gua yang dipergunakan Rasulullah SAW untuk bersembunyi ketika Beliau berhijrah ke Madinah.

7. Masjid Aqabah, yaitu tempat Rasulullah SAW melakukan baiat terhadap kaum Anshar, sebelum beliau hijrah.

8. Masjid Fath, yang diklaim oleh para penduduk daerah Jurhum bahwa di masjid merekalah Rasulullah SAW dahulu melakukan shalat pada malam Fath (penaklukan Kota Makkah).

9. Muttakak, yaitu sebuah tempat di Ajyad kecil.

10. Masjid Tariim, tempat di mana Aisyah RA memulai umrah atas perintah Rasulullah SAW.

11. Masjid Dzi Thuwa di Jarwal yang masih tetap dikenal. Sumur Thuwa banyak dikunjungi orang, sementara masjidnya hanya dikenal melalui naskah-naskah, sehingga orang awam tidak banyak yang mengetahuinya.

12. Masjid An-Nur, yang diklaim bahwa Rasulullah SAW pemah melakukan shalat di sana.

13. Masjid Rayah di Gazza. Lokasinya berhadapan dengan syi’ib Amir. Tempat ini banyak disebut di dalam sejarah Kota Makkah.

Menguak Misteri Tempat-tempat Suci, Keutamaan Kota Makkah, oleh Atiq bin Ghaits Al-Biladi

0 komentar:

Posting Komentar

Social Icons

Pages

HUBUNGI SAYA DI FB

Social Icons